WiFi Repeater Adalah, Pengertian, Fungsi, Cara dan Perbedaan

WiFi Repeater Adalah – Internet kini hampir semua orang membutuhkan, tidak heran jika banyak orang berlangganan WiFi rumah seperti IndiHome, Biznet, Oxygen dan masih banyak lainnya.

Namun terkadang banyak keluhan pengguna ketika koneksi sedang melambat dan tidak tersebar luas ke perangkat dengan jarak lumayan jauh. Dari hal itulah banyak orang menambahkan WiFi repeater.

Mungkin banyak dari kalian bertanya mengenai apa itu WiFi repeater? Singkatnya Repeater adalah alat pemancar yang bisa menyebar luas kan koneksi internet lebih jauh.

Sedikit pengguna tentu sudah tidak asing dengan WiFi repeater atau justru sudah menggunakan. Bagi yang belum tahu apa itu Repeater, kami akan jelaskan secara lengkap mulai pengertian, fungsi hingga cara menggunakannya.

Pengertian WiFi Repeater

Pengertian WiFi Repeater

Ya, hal pertama perlu diketahui adalah pengertian WiFi repeater. Secara singkat,repeater adalah alat yang digunakan sebagai pemancar atau penguat sinyal seluler.

Dari cara kerja, repeater akan menerima sinyal dari bandwidth dan memancarkan ulang sinyal tersebut menjadi sedikit lebih luas. Biasanya digunakan pada rumah yang luas.

Dengan begitu akses jaringan internet dari WiFi utama tetap dapat terakses. Meskipun perangkat (smartphone, laptop, komputer) digunakan berada jauh dari WiFi utama.

Jenis WiFi Repeater

Jenis WiFi Repeater

Selain apa itu pengerian dari WiFi repeater, penting juga kalian mengetahui jenis-jenis repeater yang ada. Secara umum jenis repeater terbagi menjadi beberapa bagian mulai, seperti:

1. Berdasarkan Jenis Sinyal Dihasilkan

Untuk jenis berdasarkan sinyal dihasilkan repeater terbagi menjadi dua jenis yakni analog repeater dan digital repeater.

  • Digital Repater adalah repeater yang digunakan dalam rekonstruksi sinyal yang terdistorsi.
  • Analog Repeater adalah repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal analog.

2. Berdasarkan Jenis Sinyal Dapat Disambungkan

Sedangkan untuk jenis repeater berdasarkan sinyal yang dapat disambungkan terbagi menjadi dua yakni wired repeater dan wireless repeater.

  • Wired repeater adalah repeater yang dipakai untuk LAN kabel.
  • Wireless repeater adalah repeater yang dipakai untuk LAN nirkabel dan jaringan seluler.

3. Berdasarkan Domain Repeater LAN Terhubung

Jenis repeater selanjutnya yakni berdasarkan dari domain repeater LAN terhubung. Sama halnya dengan jenis di atas, jenis repeater berdasarkan domain repeater LAN terhubung juga ada dua jenisnya.

  • Local repeater adalah repeater yang dipakai menghubungkan segmen LAN dipisahkan dalam jarak dekat.
  • Remote repeater adalah repeater untuk menghubungkan LAN jaraknya jauh satu sama lain.

Fungsi Wi-Fi Repeater

Fungsi Wi Fi Repeater

Berhasil tahu apa itu pengertian WiFi repeater dan jenisnya, seanjutnya kalian tinggal mengetahui beberapa fungsinya. Ada beberapa fungsi dapat dirasakan oleh kalian saat menggunakan repeater, antara lain:

1. Perluas Jaringan Internet

Fungsi pertama repeater adalah untuk memancarkan dan memperluas jangkauan jaringan internet utama. Sehingga penangkapan sinyal dari jaringan internet utama akan disebarkan lagi dan dapat di terhubung ke perangkat secara maksimal meskipun jarak cukup jauh.

2. Optimalkan Sinyal WiFi

Repeater juga berfungsi dalam mengoptimalkan sinyal jaringan menggunakan metode pengulangan transfer data. Karena repeater bekerja menangkap, memancarkan dan menambahkan sinyal ke akses jaringan.

3. Kurangi Penggunaan Kabel

Fungsi repeater selanjutnya adalah mengurangi penggunaan kabel. Lantaran dengan pakai repeater, nantinya tinggal colokan pada stop kontak dan menghubungkannya ke jaringan utamanya.

4. Percepat Kirim dan Terima Data

WiFi repeater berfungsi pula untuk menaikkan pengiriman dan penerimaan data jaringan internet. Sehingga saat ingin download atau upload dokumen akan berjalan lancar tanpa hambatan.

5. Alternatif Router

Fungsi lain repeater terakhir adalah sebagai alternatif router. Banyak orang anggap antara repeater dan router merupakan alat yang sama, meskipun memiliki kemampuan dalam gantikan router sebagai access point.

Menarik garis besar dari fungsi di atas, Wi-Fi repeater memiliki beberapa kegunaan mulai dari memperluas jaringan internet dan mengoptimalkan sinyal Wi-Fi agar dapat terhubung dengan perangkat yang memiliki jarak cukup jauh.

Cara Menggunakan WiFi Repeater

Cara Menggunakan WiFi Repeater

Berhasil mengetahui pengertian WiFi router hingga fungsinya di atas, selanjutnya kalian tinggal mengetahui bagaimana cara menggunakan WiFi repeater.

Penggunaan repeater dapat dilakukan pada saat jaringan internet utama di rumah melambat atau tidak tersebar ke seluruh ruangan. Lalu bagaimana dengan cara menggunakan repeater?

Dalam proses penggunaan repeater sebenarnya sangat mudah, di mana pengguna hanya perlu tancapkan repeater ke stop kontak dan melakukan cara setting atau menghubungkan repeater dengan jaringan.

Langkah setting repeater secara umum sangat praktis. Di mana kalian tinggal koneksikan ke jaringan utama dan atur pembuatan nama repeater dan password repeaternya.

Perbedaan WiFi Repeater dan WiFi Extender

Perbedaan WiFi Repeater dan WiFi Extender

Tidak hanya mengetahui pengertian, banyak juga pengguna yang bertanya mengenai perbedaan WiFi repeater dan WiFi extender. Biasanya untuk pengguna awam yang bingung ingin menggunakan repeater atau extender.

1. Segi Dasar Fungsi

Perbedaan pertama ada pada segi dasar fungsi. Meski memiliki fungsi yang hampir sama menjadikan banyak orang menganggap kedua sama. Namun dari segi fungsi jelas berbeda.

Di mana repeater memiliki fungsi menyebarkan sinyal jaringan internet tidak perlu terhubung secara fisik ke perangkat.

Sedangkan WiFi extender adalah versi lebih upgrade dari Wi-Fi repeater yang mengambil sinyal WiFi asli dari router nirkabel dan menyebarkan jaringan menjadi lebih luas.

2. Kecepatan Internet

Kemudian perbedaan ada dari segi kecepatan internet dihasilkan. Wi-Fi repeater hasilkan kecepatan internet cenderung lebih lambat dan kurang stabil.

Dibandingkan dengan repeater, extender memiliki kecepatan internet cukup baik dan stabil. Dengan begitu otomatis dalam penggunaan akan berjalan lancar.

3. Cara Kerja

Perbedaan antara repeater dan extender adalah dari cara kerja. WiFi extender memiliki cara kerja di antara router asli dan berada di lokasi rumah untuk bisa pancarkan sinyal jauh lebih baik.

Sedangkan untuk Wi-Fi repeater hanya menyiarkan ulang dari sinyal yang diterima ke area terbatas. Sehingga repeater terhubung ke router nirkabel dan perangkat nirkabel lainnya yang memiliki frekuensi sama.

4. Segi Harga

Perbedaan terakhir antara repeater dan extender adalah dari segi harga. Bisa dikatakan untuk WiFi repeater memiliki harga lebih terjangkau.

Sedangkan untuk WiFi extender memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding WiFi repeater. Namun kembali lagi merek dari perangkat pemancar ini akan mempengaruhi harga.

Selain itu perbedaan harga juga terpengaruh dari tipe dan spesifikasi sebut saja WiFi repeater 300Mbps dibanderol muladi dari harga kisaran Rp 130.000-an.

Secara umum, di atas merupakan perbedaan antara Wi-Fi repeater dan Wi-Fi extender. Perbedaan datang dari fungsi, kecepatan internet, cara kerja hingga harga jual dari perangkat pemancar sinyal internet.

Kesimpulan

Itu saja pembahasan dapat Adawifika.com sampaikan mengenai WiFi repeater mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja hingga perbedaan antara WiFi repeater dan WiFi extender.

Diharapkan adanya pembahasan Wi-Fi repeater di atas diharapkan dapat bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi para pengguna internet rumah yang ingin menambahkan repeater untuk memperluas jaringan.

Tinggalkan komentar